5 Tahun Dari Sekarang Gue Adalah Wiraswasta, Peternak & Emak-emak


Dari beberapa hari kemarin lagi random banget tiba2 mikir, 5 tahun dari sekarang gue akan kayak gimana ya?

Ga butuh waktu lama buat gue jawab itu. Di otak gue langsung kebayang. 5 tahun dari sekarang gue adalah seorang wiraswasta, peternak & juga emak2 buat Aruna, my lil baby.

Umur gue saat ini adalah 25 tahun. Itu berarti 5 tahun dari sekarang, gue akan 30 tahun (kalo panjang umur, amin). Gue udah mulai kerja kantoran formal dari umur 22 tahun. Gue ga berencana selamanya tetep jadi pegawai kantoran. Karena gue harus patuh sama jam kerja, sop, jobdesk syalalalaalaaa.. 

Gue ga merasa berat sih jadi “mbak mbak kantoran” kayak sekarang. Karena gue seneng nulis & kerjaan gue sekarang jadi asisten redaktur yg kerjaanya nulis.

Cuma at the other side gue punya impian lain. Gue seneng crafting.

Gue dari jaman kecil seneng banget kalo disuruh bikin kerajinan tangan. Gue inget jaman SMP pernah ada pelajaran elektronika, murid2 disuruh bikin komponen yang bener supaya bisa bikin aliran listrik buat lampu.

Temen2 gue bikin sekedar asal jadi. Yang penting solder komponen bener, kabel bener & kalo dicolokin ke listrik, lampunya nyala. Kalo gue engga berenti di situ. Gue ga puas dengan hanya lampu nyala. Karena gue gatel liat komponen berantakan gt & bahaya juga kalo kena tangan. Akhirnya gue coba modifikasi kardus bekas, dengan bahan seadanya, pake kertas kado warna biru dan mainan gue, miniatur hewan & pohon kelapa, hasilnya jadi seperti kotak lampu dengan tema pantai.

Jaman SMA juga gitu. Gue inget pernah modifikasi mesin jam pake stik es krim & foto box gue sm temen2 gue. Sayangnya jaman SMA gue ga pny kamera, baru punya hp kamera kelas 3 SMA. Jd gue ga mengabadikan tu hasil bejek2 gue.

Pas kuliah, gue bermain dengan flannel, itu lho semi kain keset kayak kapas. Gue belajar bikin gantungan kunci bentuk hewan, bikin case hp, pouch & pin buat kerudung. Di situ juga gue belajar buat menjahit pake tangan. Belajar otodidak aja.

Sampe pas akhir kuliah & mulai kerja, gue mulai jarang melakukan hobi gue itu. Cuma sesekali kalau gue lagi mrh atau bete. Karena crafting bs melatih kesabaran & ketelitian gue.

Terus gue kepikiran, kenapa gue ga seriusin aja ya hobi gue. Gue seneng crafting, ngecet2, gambar2, jahit2. Gue langsung kepikiran buat bikin produk home made. Bikin tas, pouch & dompet. Yang bikin beda dari produk gue adalah, karena gue bikin lukisan ilustrasi di setiap produk, pake tangan gue sendiri.

Gue ga perlu sewa ruko buat jual produk gue, krn udah eranya e-commerce, gue jual secara online aja. Gue buka workshop sm galeri di rumah gue aja.

Buat menuju itu, gue masih punya banyak pr. Gue mesti belajar lebih dalem soal jahit menjahit, bikin pola, ngecet, bikin ilustrasi gambar etc.

Termasuk juga ngumpulin modal. 

Susah sih kalo dibayangin, tapi kalo ga dimulai ya ga bakal sampe juga. Jd jawabanya adalah: mulai!!

Impian kedua adalah jd peternak. Sebenernya lebih tepatnya jadi yg punya peternakan sih. Karena bukan gue yg secara langsung ngurus hewan2 ternak. 

Jadi kakek gue itu adalah petani yg juga peternak. Nah gue melihat peluang di bisnis hewan ternak tuh gede banget, terutama kambing & sapi. Lebih2 kalo musim haji. Duh, panen deh. 

Tapi ga mesti melulu nunggu musim haji sih. Karena kambing & sapi selalu akan dibutuhin masyarakat. Contoh, di islam ada tradisi akikah, dan itu butuh kambing. 

Kambing dan sapi juga dicari para tukang sate. Bukan cm itu, kalo udah masuk musim lebaran, sapi jadi sorotan.

Buat lahan ternak gimana? Bokapnya suami gue punya tanah gitu di daerah pinggiran, sygnya blm ad yg bs handle tu tanah. Jd gue pikir bisa jd slh 1 alternatif.

Alternatif lainnya adalah pinjem tanah kakek gue yg adalah warisan nyokap. Lokasinya jauh bgt sih, beneran pelosok. Susah kalo mau kontrol tiap minggu, tapi ya bisa jadi opsi lain sih. Soalnya kalo beli lahan sendiri dlm wkt dekat ini gue blm sanggup.

So, pr gue selanjutnya adalah kumpulin modal buat beli little kambing & sapi, cari org yg bs dipercaya jagain ternak & rajin2 browsing soal bisnis ternak.

Terakhir adalah menjadi seorang ibu. Gue sampe saat ini masih super duper amazing menyadari bahwa gue adalah ibu. Buat gue itu adalah kepercayaan paling besar yang Tuhan kasih buat gue.

Gue berharap banget, 5 tahun dari sekarang, 2 impian gue itu tercapai jadi gue ga perlu jadi mbak2 kantoran terus. Dan gue bisa memenuhi impian gue yang ketiga ini.

Karena gue pgn bgt punya waktu lebih banyak buat anak gue. Gue dan suami memutuskan untuk punya 1 anak aja, mengingat biaya sekolah internasional, sekolah pilot dan dokter mahal (if u know what I mean). Jadi lebih baik fokus sm 1 anak ini.

Gue pgn banget bisa jadi ibu, sahabat & guru yang baik buat anak gue. Karena gue ga mau menyia2kan kepercayaan yang udah Tuhan kasih buat gue.

Jadi ya, gue akan terus berusaha mewujudkan impian2 itu. Wish me luck dan semoga ada jalanya. Kalo lo, apa impian terbesar lo?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s