Gue Gagal dan Gue Bangga (Edisi Ketoprak)

image

Sejak stay di Kolombia pertengahan Agustus kemarin gue hampir ga pernah makan masakan indo. Arena gue ga bawa bahan makanan indo apapun selain saos abc & sambel terasi abc sachet yang sejak september kemarin udah abis stoknya.

Alhamdulilahnya, ada seorang temen yang super baik banget, kak Sicil namanya. Sama2 dari indo, sama2 dapet beasiswa ini, cuma dia & 7 orang indo lainnya kuliah di kota lain di Kolombia, namanya Bucaramanga. Gue adalah satu2nya orang penerima beasiswa dari indo yang stay & kuliah di Bogota.

Singkat cerita, Kak Sicil 2 minggu kemarin kirimin gue beberapa bahan makanan indo,  yaitu kerupuk ikan, kecap abc, ager swallow, sama beberapa bahan masak instan buat rendang & ayam. FYI, dia udah nikah & punya anak 1. Dia bilang dia ngerti gimana susahnya hamil. Lebih2 sekarang gue sendiri & jauh dari rumah. Makanya dia kirimin bahan2 makanan itu supaya bisa sedikit mengurangi ngidamnya gue sama masakan indo.

Gue biasanya masak di kosan di sini kalau akhir pekan aja. Hari2 biasa lebih sering makan di luar.

Gue pribadi bukan orang yang jago & hobi masak. Gue masak kalo gue lagi pengen aja. Itu pun dengan bantuan arahan resep dari mama, neti atau gugel.

Ga jarang masakan bikinan gue gagal atau rasanya aneh. Gue inget dulu ceritanya waktu masih jaman2 belum nikah sama cuwami, pernah suatu hari pengen so swit, bikin onigiri ala2. Bikinnya udah pake niat yang tulus, sepenuh hati plus cinta, cuma sayangnya pas eksekusi kurang berhasil. Jadi sih onigirinya. Bentuk sama aromanya udah onigiri banget. Cuma rasanya keasinan & wortel yang jadi isi onogirinya kurang mateng.

Abis udah nikah pun pernah beberapa kali coba masakin buat cuwami. Lagi2 niatnya baik & bikinnya pake bismillah plus cinta yang tulus. Cuma eksekusinya gagal.

Yang gue inget gue pernah masakin sayur bayem 2x. Yg pertama rasanya super asin & kedua rasanya hambar banget.

Pernah juga pagi2 bikinin nasi goreng buat cuwami. Sayangnya gue lupa ngangetin nasi. Jadinya nasi goreng yang gue masak keras & ga bisa dimakan.

Oke itu sebagian dari jejak hitam kapasitas memasak gue.

Terus jadi hari ini gue lagi pengen makan ketoprak. Gue liat d kulkas & lemari gue ada beras, ayam, kecap abc dari ka sicil, kacang tanah, bihun thailand sama bumbu2 dapur instan. Gue juga punya plastik bening.

Gue pikir bahan2 itu bisa gue manfaatin buat bikin ketoprak ala2. Emang minus toge, tahu, sama kerupuk sih. Cuma di sini gue udah menjelajah ke sejumlah swalayan sama pasar tradisional, tapi belum pernah nemu kerupuk sama tahu. Toge sih ada yang jual. Cuma gue lagi males beli karena ini akhir bulan, duit jajan gue udah makin menipis & duit jajan berikutnya baru dtg 2 mggu lagi. Jadi gue mesti hemat.

Akhirnya gue bikin ketoprak ala2. Caranya gue goreng kacang tanah, terus gue blender pake air sama bawang putih bubuk, sama merica sama garem. Abis itu gue bikin ayam goreng suwir2 kecil & bihun rebus. Ga susah2 amat & gue berhasil.

Nah yang bikin deg2n justru adalah bikin si hidangan utama. Ketupat. Berbekal gugel, gue coba bikin ketupat di plastik kayak abang2 ketoprak. Plastiknya gw bolong2in asal pake ujung gunting. Abis itu gue cuci beras & gue masukin ke plastik. Gue cuma isi sekitar 1/3 beras dari ukuran plastiknya. Abis itu gue tutup pake api di lilin. Gue cuma bikin 1 ketupat. Soalnya cuma buat gue sendiri.

Kata gugel, itu ketupat plastik mesti direbus selama 2-3 jam & harus selalu ketutup air. Jadi gue tungguin dengan sabar si ketupat itu.

Baru sejam lebih, gue perhatiin si beras udah mengembang & si plastik udah gendut. Gue malah takut plastinya meledak karena kegendutan. Tapi tetep gue tungguin sampe sekitar 2 jam.

Setelah gue angkat & gue diemin sebentar, gue potong ketupatnya pake piso sambil bismillah. Soalnya si ketupat ini yang menentukan apakah ketoprak itu akan jadi apa nggak. & ini adalah kali pertama gue masak ketupat.

Setelah gue belah dua ketupatnya, eng ing enggg… Em, mateng sih berasnya, gue cobain enak. Cuma jadi aga blenyek & kurang padet. Kayanya mah gue kurang banyak masukin berasnya.

Gue sempet sedih karena percobaan bikin ketupat gue gagal, cuma masih coba gue potong2 ala2 ketupat. Untungnya pas dipotong dia ga bleyek2 banget. Nggak padet juga, cuma masih bisa dipotong2 berbentuk ketupat dan gue makan juga rasanya enak (versi gue).

Akhirnya gue ga jadi kecewa2 amat. Abis gue potong2, terus gue tambahin bihun, ayam goreng suwir, bumbu kacang sama kecap abc. Gue aduk2 biar kayak ketoprak beneran. Walaupun blenyek, tetep gue makan. Untugnya rasanya ga mengecewakan & cukup mengobati kekangenan gue sama makanan indo.

Well, setelah menghabiskan waktu masak hampir 3 jam gue menemukan kalo percobaan gue gagal.

Demi merayakan kegagalan itu, gue pun melakukan candle light dinner ala2 di kamar berdua sama si kecil. Cuma makan ketoprak, melon, ager swallow sama teh di kamar kos gue.

Gue sebel sebenernya, udah masak hampir 3  jam, si ketoprak gue bleyek. Cuma yaudah lah ya namanya juga nyoba.

Emang hal yang paling ngeselin dari nyoba buat gue adalah ketika gagal. Itu rasanya greget gemes gimana gitu. Dulu gue kalo gagal dalam hal apapun ngerasanya malu, cuma pengalaman gue yg udah2 mengajarkan gue kalo gue gagal, mestinya gue bangga. Karena dengan gagal itu seenggaknya gue nyoba, gue ada usaha untuk belajar & bisa.

Gue mesti malu kalo abis gagal, gue nyerah gitu aja & ga belajar dari kesalahan gue. Cuma gue mesti bangga kalo abis gagal, gue masih pengen nyoba lagi & perbaikin kesalahan yang udah2.

Hari ini ketupat bikinan gue gagal & jadi bleyek gara2 gue masukin berasnya kedikitan. Besok2 gue akan coba bikin ketupat lagi & coba menakar2 supaya berasnya ga kedikitan & ga kebanyakan juga, biar ketuapatnya semok tapi ga bleyek lagi.

Kali aja nanti pas bulan depan balik, udah bisa bikinin ketoprak buat cuwami gue. Walaupun mungkin belum sempurna & belum seenak ketoprak abang2 jualan, seenggaknya gue masih punya tekad & semangat buat belajar masak, termasuk ketupat. Dan lagi pula, kayaknya sih cuwami gue masih kuat jadi kelinci percobaan masakan2 gue. Hehe…

Bogotá, Minggu 25 Oktober 2015

Gadis Ikrolilah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s